Seiring dengan berkembangnya zaman, semakin berkembang pula ilmu pengetahuan dan komunikasi khususnya di bidang internet. Saat ini pasti sudah banyak yang mengenal internet dan merasakan kemudahan dalam mengetahui apapun. Karena dengan akses internet kita dapat terhubung dengan dunia luar yang sebelumnya tidak kita ketahui, dapat berkomunikasi dengan orang lain secara virtual, dan internet juga bisa memudahkan orang-orang yang haus akan informasi atau bahkan memenuhi hobinya dalam menulis lalu mempublikasikannya agar dapat dilihat oleh orang lain.

Dalam menulis online, tentunya kita harus memperhatikan segala sesuatu yang kita tulis agar tidak ada pihak yang merasa dirugikan atas tulisan kita. Kita harus memiliki etika dalam menulis dan harus memikirkan perasaan orang lain yang membaca tulisan kita.

Seperti data yang dilansir oleh Munady (2011), seorang blogger bernama Risa mengatakan bahwa di dunia internasional sendiri, sejak tahun 2003 sampai sekarang, masih belum tercapai kesepakatan mengenai apa saja yang termasuk etika dalam menulis blog, karena ranah etika erat kaitannya dengan moral dan beririsan dengan ranah hukum. Oleh karenanya Risa lebih suka mengajak para blogger yang hadir di sini untuk bersepakat mengenai apa saja yang harus kita jadikan aturan secara etika dalam mengekspresikan kebebasan berpendapat dan berpikir kita melalui media online.

Etika menurut Simorangkir (dalam Isnanto, 2009) adalah pandangan manusia dalam berperilaku menurut ukuran dan nilai yang baik.

Etika secara umum dapat dibagi menjadi dua, yaitu :

  1. Etika umum, berbicara mengenai kondisi-kondisi dasar bagaimana manusia bertindak secara etis, bagaimana manusia mengambil keputusan etis, teori-teori etika dan prinsip-prinsip moral dasar yang menjadi pegangan bagi manusia dalam bertindak serta tolak ukur dalam menilai baik atau buruknya suatu tindakan. Etika umum dapat di analogkan dengan ilmu pengetahuan, yang membahas mengenai pengertian umum dan teori-teori.
  2. Etika khusus, merupakan penerapan prinsip-prinsip moral dasar dalam bidang kehidupan yang khusus. Penerapan ini bisa berwujud : Bagaimana saya mengambil keputusan dan bertindak dalam bidang kehidupan dan kegiatan khusus yang saya lakukan, yang didasari oleh cara, teori dan prinsip-prinsip moral dasar. Namun, penerapan itu dapat juga berwujud : Bagaimana saya menilai perilaku saya dan orang lain dalam bidang kegiatan dan kehidupan khusus yang dilatarbelakangi oleh kondisi yang memungkinkan manusia bertindak etis : cara bagaimana manusia mengambil suatu keputusan atau tindakan, dan teori serta prinsip moral dasar yang ada dibaliknya.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menulis online yang berhubungan dengan etika menurut Kallos (2004), Strawbridge (2006) dan Anonim (2012) diantaranya adalah :

  1. Setiap kalimat maksimal terdiri dari 65 karakter huruf
  2. Hindari bentuk standar non bahasa Inggris, seperti txt atau l33t
  3. Jika Anda memilik itanda tangan yang secara otomatis ditambahkan kesetiap email yang Anda kirim, pastikan maksimal harus enam baris dan masing-masing memiliki 70 karakter
  4. Lakukan email bisnis secara singkat dan to the point
  5. Jangan gunakan email untuk mengirim berita buruk
  6. Jangan menulis dengan huruf kapital secara keseluruhan
  7. Baca kembali sebelum mengirim
  8. Gunakan kalimat yang singkat dalam berkomentar
  9. Menahan diri untuk mengatur email anda dengan teks yang berwarna dan background gambar-gambar
  10. Tidak memberikan informasi personal
  11. Harus memperhatikan hak ciptapenulis asli
  12. Jangan spam
  13. Menulis dengan jelas dan ringkas
  14. Tetap pada topik pembicaraan, terutama ketika anda baru
  15. Jangan posting materi berhak cipta saat anda tidak memiliki hak tersebut

DAFTAR PUSTAKA

Anonim. (2012). What is netiquette?. http://www.bbc.co.uk/webwise/guides/about-netiquette diakses tanggal 1 Oktober 2015.

Isnanto, R.R. (2009). Buku ajar etika profesi. Semarang : Universitas Diponegoro.

Kallos,J. (2004). Because netiquette matters!. Amerika Serikat: Xlibris Corporation.

Munady. (2011). 12 Butir etika menulis blog. http://www.pikiran-rakyat.com/horison/2011/06/30/150392/12-butir-etika-menulis-blog diakses tanggal 1 Oktober 2015.

Strawbridge, M. (2006). Netiquette. Inggris : Software Reference Ltd.