Peran perpustakaan sekolah sangatlah signifikan dalam  mencerdaskan masyarakat penggunanya, khususnya dalam mencetak siswa berprestasi. Sinergi antara siswa dan pustakawan, akan berbuah prestasi bagi siswa serta kinerja yang baik bagi pustakawan. Dengan koleksi uptodate yang terus berganti, siswa menjadi kaya akan wawasan, ilmu pengetahuan, informasi, serta menjadi siswa pintar yang mempunyai segudang prestasi.

Tetapi tidak dapat di pungkiri globalisasi telah memasuki hampir di seluruh aspek kehidupan manusia. Globalisasi dapat dimaknai masuknya segala informasi maupun budaya secara bebas dari satu negara ke negara lain, seolah-olah tanpa batas atau pemisah. Zaman yang semakin berubah menuntut manusia untuk dapat menjadi pribadi yang profesional dan berkualitas.

Salah satu upaya untuk dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia yaitu melalui pendidikan. Manusia tidak bisa terlepas dari pendidikan, karena dengan pendidikan manusia dapat mengembangkan potensi dirinya. Manusia berkembang menjadi dewasa melalui pendidikan. Dengan adanya pendidikan diharapkan mampu menciptakan generasi penerus bangsa yang berkualitas sehingga mampu membawa bangsa kearah perubahan yang lebih baik untuk itu diperlukan perbaikan dari sisi kualitas pendidikan. Perbaikan kualitas pendidikan dapat tercermin dari usaha pemerintah untuk memperbaiki kualitas pembelajaran khususnya pembelajaran di sekolah.

Pembelajaran merupakan suatu proses yang sistematik yang meliputi banyak komponen. Komponen tersebut diantaranya adalah narasumber (guru), siswa, metode, dan sumber belajar.Berbicara sumber belajar tentunya tidak terlepas dari keberadaan buku materi pelajaran, karena sampai saat ini buku pelajaran tetap menjadi sumber belajar yang tepat digunakan dalam kegiatan belajar mengajar. Buku pelajaran merupakan salah satu sumber yang paling banyak digunakan oleh siswa maupun guru diantara sumber belajar yang lain, namun pemakaiannya tetap perlu dilengkapi dengan sumber belajar yang lain. Sumber belajar sekarang semakin beragam jenisnya, sehingga tidak hanya berwujud buku cetak saja, tetapi juga dapat diperoleh dari media elektronik seperti internet.

Internet dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar disamping dapat memperluas pengetahuan belajar juga dapat mencari materi pelajaran yang berkaitan dengan pelajaran yang diajarkan di sekolah. Internet mulai menjadi trend centre baru dikalangan remaja terutama dikalangan pelajar . Sekolah Menengah Atas (SMA). Para pelajar SMA ini mulai aktif mencari hal-hal baru termasuk cara belajar yang lebih menyenangkan dengan memanfaatkan internet.

Dengan memanfaatkan internet siswa dapat terhubung dengan situsakademik (perpustakaan online, sumber literatur, akses hasil penelitian dan akses materi pelajaran), situs pemerintahan, situs organisasi, maupun situs perorangan sehingga internet dianggap lebih unggul daripada media informasi lainnya seperti radio, surat kabar, televisi dan lainnya sebab informasi yang diberikan melalui internet disajikan dengan sangat variatif dan lebih spesifik dibanding dengan media lainnya.

Kehadiran internet seharusnya menumbuhkan minat belajar siswa untuk lebih bersemangat dalam belajar, jika internet merupakan alat yang lebih mudah dan menyenangkan untuk mencari sumber belajar maka internet tentunya bisa dimanfaatkan sebagai media untuk meningkatkan minat belajar siswa agar prestasi mereka bisa meningkat.Dengan adanya kelengkapan fasilitas atau layanan yang disediakan internet maka diharapkan para siswa mampu menggunakan internet secara maksimal untuk mencari informasi-informasi khususnya yang berhubungan dengan mata pelajaran telah diajarkan di sekolah.

Selain itu internet merupakan sumber belajar yang efektif bagi siswa karena informasi  yang disediakan internet up to date dan dapat diakses setiap saat. Mengacu pada analisa dan pendapat tersebut maka dapat diinterpretasikan bahwa dengan semakin banyak siswa yang mengakses situs-situs yang berhubungan dengan pendidikan, maka semakin banyak pula ilmu yang mereka dapatkan melalui internet. Semakin banyak ilmu yang mereka dapatkan maka akan berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Pemanfaatan internet sebagai sumber belajar dan minat belajar juga dapat menumbuhkan kreatifitas belajar sehingga minat belajar siswa akan bertambah karena sumber belajar yang mereka dapatkan sangat luas dan lengkap demi menunjang prestasi belajar yang maksimal.

Otak manusia selalu haus akan informasi dan seluruh indra ikut berperan , otak membentuk jaring untuk mendapatkan kesenangan. Tak dapat dipungkiri anak-anak di masa kini hidup dalam era gadget. Internet bagi kehidupan manusia memang seperti dua sisi mata uang, dapat memberikan dampak positif dan negatif. Selain seperti yang dijelaskan diatas, ada juga sisi negatifnya. Karena sekarang ini banyak tersedia warnet yang menyediakan permainan-permainan di internet, mereka menjadi tertarik untuk bermain. Kebanyakan games juga dirancang untuk mendorong anak naik ke level permainan yang lebih tinggi dan mengumpulkan skor sebanyak-banyaknya agar bisa menang. Hal ini akan membuat anak menjadi penasaran dan mengakibatkan adiksi yang sulit dihentikan. Ada bukti kuat bahwa anak yang sudah terpapar dengan layar monitor sebelum usia 2 tahun akan mengalami gangguan dalam perkembangan bahasa, membaca dan daya ingat jangka pendek. Stimuli yang dialami pada masa kanakp-kanak awal memberikan akibat yang buruk dan memengaruhi perkembangan otak.Anak-anak yang tidak memiliki keseimbangan kognitif akan mudah  terpengaruh oleh kesenangan yang didapatkan dari bermain games. Secara tidak langsung minat akan belajar akan berkurang dan akhirnya prestasi akademiknya akan menurun.

Sumber :

Brosnan,J.M. (1998). “Technophobia The Psychological Impact of Information Technology”. Technophobia,79-102.

Wardhani , R.A.S., (2012). Hubungan  Pemanfaatan  Internet Sebagai Sumber Belajar dan Minat Belajar dengan  Prestasi Belajar.1-8.

Yudi,Teguh.(2012). Peran Perpustakaan Sekolah Dalam Mencetak Siswa Berprestasi. 1-11.