Istilah WWW (World Wide Web) diambil dari sebuah istilah untuk menidentifikasikan media Internet. WWW adalah sebuah media informasi global yang menghubungkan antara pengguna internet ( user ) ke server serta user lain untuk menyajikan data, dokumen, dan informasi yang dapat digunakan bersama-sama dengan pemformatan bahasa HTML.

Istilah Web sering diidentikan dengan Internet itu sendiri, meskipun sebenarnya Web merupakan salah satu jasa yang beroperasi di atas Internet seperti halnya e-mail. Sejarah Internet terjadi jauh sebelum Web muncul dan di kembangkan.

Berikut ini adalah pengertian WWW menurut para ahli dan buku serta sejarah singkatnya :

  1. F. BUDI HARDIMAN
    Www adalah fasilitas internet yang menghubungkan dokumen dalam lingkup lokal maupun jarak jauh
  2. SUWANTO RAHARJO S.Si, M.Kom, Web merupakan salah satu layanan internet yang paling banyak digunakan dibandingkan dengan layanan lain seperti ftp, news, gopher, flaship atau bahkan email.
  3. YUHEFIZAR mengatakan bahwa, Web adalah suatu metode untuk menampilan informasi di internet, baik berupa teks, gambar, suaramaupun video yang interaktif dan mempunyai kelebihan untuk menghubungkan (link) satu dokumen dengan dokumen lainnya (hypertext) yang dapat diakses melalui sebuah browser
  4. MCLEOD (PEARSON) , Www adalah informasi yang dapat diakses melalui internet di mana dokumen – dokumen hypermedia (file – file komputer) disimpan dan kemudian diambil dengan cara – cara yang menggunakan metode penentuan alamat yang unik.

WWW adalah suatu program yang ditemukan oleh Tim Berners-Lee pada tahun 1991. Awalnya Berners-Lee hanya ingin menemukan cara untuk menyusun arsip-arsip risetnya. Untuk itu, beliau mengembangkan suatu sistem untuk keperluan pribadi. Sistem itu adalah program peranti lunak yang diberi nama Enquire. Dengan program itu, Berners-Lee berhasil menciptakan jaringan yang menautkan berbagai arsip sehingga memudahkan pencarian informasi yang dibutuhkan. Inilah yang kelak menjadi dasar dari sebuahperkembangan pesat yang dikenal sebagai WWW. WWW dikembangkan pertama kali di Pusat Penelitian Fisika Partikel Eropa (CERN), Jenewa, Swiss. Pada tahun 1989 Berners-lee membuat pengajuan untuk proyek pembuatan hiperteks global, kemudian pada bulan Oktober 1990, ‘World Wide Web’ sudah dapat dijalankan dalam lingkungan CERN. Pada musim panas tahun 1991, WWW secara resmi digunakan secara luas pada jaringan Internet.

 

http://id.wikipedia.org/wiki/World_Wide_Web

http://impoint.blogspot.com/2013/06/pengertian-www-menurut-ahli-dan-buku.html#axzz2gikEAlHz