Search Engine / mesin pencari adalah sebuah program yang digunakan sebagai alat bantu untuk mencari informasi atau menemukan file-file yang terdapat dalam website-website di internet. Sehingga Search Engine merupakan sebuah database elektronis yang berisi jutaan hingga miliaran alamat-alamat situs dan informasi yang berserakan di jagad Internet ini.

Search engine berfungsi untuk memudahkan mencari alamat-alamat website yang berisi berbagai bentuk informasi seperti tulisan, gambar, video, dsb. dengan mudah dan cepat. Untuk mencari informasi tertentu dapat dilakukan dengan cara mengetikkan kata kunci yang dimaksud,sehingga akan ditampilkan pada hasil pencarian yang berupa website website asli dimana informasi tersebut berada.

Keberadaan search engine sendiri tidak terlepas oleh sejarah keberadaan Internet di muka bumi ini, berkembangnya jaringan internet yang sedemikian cepat dalam dua dekade terakhir ini membuat penggunaan seacrh engine sebagai mesin pencari melonjak tajam. Anda tahu google, ya google merupakan search engine atau mesin pencari terbesar di dunia. setiap kita akan mencari informasi, kita biasanya akan langsung ke google. Selain google masih banyak lagi yang lainnya.

Berikut ini 10 dari macam-macam search engine yang ada di internet :

1.     Alltheweb      => http://www.alltheweb.com

2.     Altavista        => http://www.altavista.com

3.     Astaga           => http://www.astaga.com

4.     Bing              => http://www.bing.com

5.     Gigablast       => http://www.gigablast.com

6.     Google          => http://www.google.com

7.     Lycos            => http://www.lycos.com

8.     Mamma        => http://www.mamma.com

9.     MSN             => http://www.search.msn.com

10. Yahoo           => http://www.yahoo.com

 

http://riyad81.blogspot.com/2013/02/pengertian-search-engine-dan-contohnya.html

http://genisu8.wordpress.com/2011/12/16/macam-macam-search-engine-browsing-searching/