Senjata kimia adalah senjata yang memanfaatkan sifat racun dari senyawa kimia untuk merugikan orang lain.  Misalnya saja penggunaan gas air mata pada saat terjadi kerusuhan . Bahan kimia yang sering dipakai pada gas air mata antara lain gas  CN,Phosgene, Chlorine Gas , Agent Orange dan Nerve Gas.

Sianida (CN) , Kelompok CN dapat ditemukan dalam banyak senyawa. Beberapa adalah gas, dan lainnya adalah padat atau cair.

Phosgene , Senyawa ini tidak berwarna dan sangat beracun, berbau sangat menyengat pada konsentrasi tinggi. Sekarang senyawa ini digunakan sebagai senyawa pertengahan pada sintesa senyawa organik seperti carbonic esters, isocyanates, polyurethanes, dan digunakan dalam pembuatan pewarna.

Chlorine Gas, Pada temperatur ruangan, senyawa murni Cl ini berbentuk gas berwarna kuning kehijauan dan berbau menyengat pada konsentrasi tinggi. Kini senyawanya digunakan sebagai bahan pemutih pada kertas, membunuh bakteri, pembuatan bromine, tetraethyl dan berbagai produk lainnya.

Agent Orange, Senyawa yang digunakan untuk membunuh tanaman semasa Perang Vietnam ini disebut Orange karena kontainer pembawa senyawa ini berwarna oranye. Beberapa senyawa herbisida lain yang terkenal pada selama perang tersebut antara lain Agent Blue dan Agent White. Agent Orange ini mengandung senyawa samping dioxins yang sangat berbahaya bagi hewan dan manusia. Dioxins dapat menyebabkan cacat lahir dan kangker langka dan memiliki efek yang berkepanjangan.

Nerve Gas, Sebagian besar gas syaraf termasuk jenis organophosphates, sebuah tipe yang awalnya dikembangkan untuk digunakan sebagai pestisida.

Bahaya dari penggunaan senjata kimia ini terhadap lingkungan berasal dari bahan-bahan yang digunakan untuk membuat senjata tersebut. Seperti kita ketahui bahwa bahan kimia pasti memiliki dampak buruk bagi kesehatan manusia. Bahan kimia ini akan merusak jaringan kulit, merusak paru-paru dan menimbulkan penyakit pneumonia (gangguan saluran pernafasan).

Sebenarnya senjata kimia ini tidak selalu memimbulkan hal buruk bagi manusia jika digunakan secara bijaksana oleh orang yang bertanggung jawab dan digunakan untuk hal-hal yang positif. Contohnya pada kerusuhan yang menggunakan gas air mata. Gas air mata ini sebenarnya digunakan untuk membubarkan masa agar tidak terjadi kerusuhan yang berlebihan. Seperti halnya pisau , jika digunakan oleh orang yang benar pisau itu akan digunakan untuk melakukan hal yang seharusnya menggunakan pisau. Namun jika digunakan oleh orang yang tidak baik bisa saja pisau itu digunakan untuk membunuh.