FOTOGRAFI

Seiring dengan perkembangan zaman , ilmu pengetahuan dan teknologi juga secara tidak langsung ikut berkembang. Salah satunya adalah fotografi. Fotografi berasal dari 2 kata yaitu Photo yang berarti cahaya dan Graph yang berarti tulisan atau lukisan. Berarti fotografi merupakan proses atau metode untuk menghasilkan gambar atau foto dari suatu obyek dengan merekam pantulan cahaya yang mengenai obyek tersebut pada media yang peka cahaya.

Kamera Obscura merupakan kamera yang pertama kali yang dipakai untuk menggambar kemudian memotret. Seorang ilmuwan yang bernama George Eastman , dia menemukan Kodak (analog) yang merupakan kamera yang menggunakan film pertama yaitu pada tahun 1884. Sejak saat itulah industri fotografi berkembang pesat. Karena perkembangan teknologi serta kebutuhan terhadap alat ini semakin meningkat , maka banyak bermunculan jenis kamera yang memiliki fitur canggih sehingga dapat memuaskan hasrat seni dalam diri seseorang yang sibuk oleh rutinitas sehari-hari dan menginginkan kamera yang mudah digunakan dan praktis , seperti kamera digital.

Ada beberapa perbedaan antara kamera analog dengan digital. Kamera analog sudah hampir mampu menangkap seluruh warna yang diantulkan oleh matahari dan kamera analog juga cukup sensitive. Kamera analog merekam dengan film negative berwarna , slide flim positif dan hitam putih. Kamera digital belum mampu menangkap semua warna yang dipantulkan oleh matahari namun warna yang dihasilkan lebih kontras. Kamera digital juga kurang sensitif. Kamera digital merekam dengan pixel (picture element / elemen dasar dari film).

Cabang-cabang fotografi  beberapa , diantaranya adalah fotografi bentang alam, fotografi satwa dan flora, fotografi dokumentasi, fotografi jurnalistik, Fotografi Seni (Fine Art), Fotografi Studio, Fotografi Udara (Aerial), Fotografi Komersial, Fotografi Interior dan Fotografi Fashion.

Salah satu yang akan saya ceritakan adalah fotografi fashion. Fotografi Fashion adalah  bidang fotografi yang berfokus dalam memotret berbagai mode pakaian atau aksesoris untuk diterbitkan di majalah fashion, iklan atau beredar di kalangan desainer. Fotografi fashion modern dilakukan dengan sentuhan komersial atau estetika. Salah satu fotografer fashion terbaik di Indonesia adalah Darwis Triadi. Karirnya dimulai sejak tahun 1981 hingga sekarang.

Inilah beberapa karya dari Darwis Triadi :

ImageImage ImageImage