Drum adalah suatu alat musik yang termasuk ke dalam perkusi, yang dimainkan secara di pukul dengan tangan atau alat yang disebut stik. Drum dimulai dengan munculnya peradaban manusia sekitar tahun 6000 SM. Drum sendiri terdiri dari hollowed out potong (tubuh), yang memanjang pada ujung drum, dan tombol tuning atau pasak yang stiffens atau loosens selaput yang berbeda untuk mencapai nada ,yang mengahsilkan suara saat kita bermain drum adalah pada saat kita memukul gendang selaput tersebut.

Drummer adalah seseorang yang sudah mahir memainkan drum. Orang yang mahir tentunya sudah mengusai tehnik dasar dan tehnik tingkat tinggi. Namun tidak ada salahnya  untuk belajar bermain drum  hingga nantinya menjadi drummer yang mahir. Mungkin yang baru belajar , banyak kendala seperti tidak adanya drum. Tidak memiliki drum set tidak apa-apa karna kalian masih bisa belajar bermain drum dengan visualisasi drum, yaitu dengan membanyangkan adanya drum set didepan kalian. Drumset itu sendiri sebenarnya terdiri atas 3 drum, yaitu Snare, tom-tom dan bass drum. Untuk tom-tom masih dapat dibagi dua lagi, yaitu: Mounted tom dan floor tom-tom (tergantung dari peletakan dan diameter saja). Dari ketiga unsur tersebut masih ada beberapa unsur penting lagi, yaitu cymbal, hardware (pedal, hihat stand, cymbal stand, snare stand, tom holder/tom stand) dan drumhead. Sebenarnya modal awal dalam belajar menjadi drummer adalah modal niat yang kuat dan referensi yang banyak tentang drum. Jika ada kemauan , bakat dan dorongan dari faktor internal yaitu diri sendiri , maka hal yang diinginkan itu akan datang.

Image

Seperti Eno ‘Netral’  seorang drummer Indonesia yang sudah diakui kehebatannya dalam memainkan drum. Dia sangat menyukai drum dan melakukan yang dia senangi dengan “naluri”. Awalnya dia bergabung dalam sebuah band sewaktu SMA. Eno sering main di beberapa tempat karena permainan drum nya bagus. Kemudian  Eno diminta untuk menjadi additional drum Netral. Tak lama kemudian pihak Netral sepakat menjadikan Eno sebagai personil tetap Netral setelah personil sebelumnya keluar.  Bergabungnya Eno dengan Netral membuat popularitas Netral semakin mantap di kancah musik Indonesia. Tentunya membuat karir Eno melambung tinggi , hingga akhirnya Eno dapat mendirikan sebuah sekolah untuk belajar drum yaitu “Eno Drum School”Image

Be a drummer ? Why not !